PENGERTIAN SIDAGURI

adsense-fallback

Termasuk gulma yang berperawakan perdu tegak dengan tinggi sampai 2 meter. Ujung batang atau cabangnya tidak memipih. Pasangan daun pelindungnya berukuran sama. Daunnya membelah ketupat, belah ketupat melonjong atau cenderung melonjong. Bunganya menyendiri atau berdesakan di ketiak daun, berwarna kuning, dan bertangkai relatif panjang. Bunganya mekar pada siang hari.

adsense-fallback

Sidaguri tersebar luas di daerah tropika. Di Jawa, tumbuhan ini banyak terdapat di tepi jalan, tanggul, tepi sungai, tempat telantar dan terbuka, ladang, dan kebun, pada ketinggian 5 – 1.450 meter di atas permukaan laut. Pepagan bagian dalamnya yang berwarna hijau mengandung serat yang mutunya tidak kalah dengan serat rami. Di India, sidaguri dibudidayakan sebagai tanaman serat, namun penggunaannya dalam industri serat belum pernah dicoba orang. Perawakannya yang lebih tinggi memang memungkinkan pembudidayaannya sebagai tanaman serat daripada sidagori. Di samping itu, beberapa bagian tubuhnya dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Akar tunjangnya, yang dikunyah dan dikemut tepat pada gigi yang berlubang, dapat meringankan penderita sakit gigi. Campuran cairan hasil kunyahan akar tunjangnya dengan jahe berkhasiat menyembuhkan rasa mulas perut dan sariawan. Campuran ini juga digunakan sebagai tapal pada bisul atau puru agar cepat matang dan sembuh, mengobati luka bekas peluru, gigitan serangga atau sengatan berbisa, dan bengkak-bengkak, serta menyembuhkan borok dan kudis. Orang Kalimantan memakan campuran cincangan akar sidaguri dan nasi selama beberapa hari untuk menggugurkan kandungan yang berumur 3-4 bulan. Daunnya dipakai sebagai obat pematang bisul. Air seduhan bunga dan daun sidaguri berkhasiat memberantas cacing kremi; sedangkan perasan daunnya diminum sebagai obat penyakit rajasinga dan difteri.

Klasifikasi Ilmiah. Sidaguri termasuk suku Malvaceae (kapas-kapasan); nama ilmiahnya Sida rhombifolia.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback