PENGERTIAN SIBERIA

adsense-fallback

Kawasan di ujung timur Uni Soviet, di Republik Rusia. Wilayahnya membentang dari Pegunungan Urai di sebelah barat sampai bagian Pantai Pasifik di sebelah timur dan membujur dari Arktika di sebelah utara sampai wilayah Perbukitan Kazakhstan di sebelah selatan. Luas wilayahnya 13.807.037 kilometer persegi. yakni lebih dari seperempat luas wilayah daratan Asia dan mencakup 60 persen luas Uni Soviet. Jumlah penduduknya sekitar 33.282.930 jiwa.

adsense-fallback

Selama beberapa abad kawasan ini merupakan tempat pembuangan para penjahat dan tawanan politik pemerintah Kekaisaran Rusia maupun Uni Soviet. Sebagian besar tawanan itu dipekerjakan sebagai kuli di pertambangan, pabrik-pabrik, dan kereta api.

Secara fisiografi wilayah Siberia dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yakni dataran rendah sebelah barat, daerah perbukitan dan pegunungan di wilayah bagian tengah dan dataran tinggi sebelah timur. Wilayah dataran rendah sebelah timur mencakup daerah antara Pegunungan Urai sampai Sungai Yenisey. Sebagian besar wilayah ini, terutama di sebelah utara, merupakan daerah berawa, yang semakin ke selatan berubah menjadi hutan tundra dan padang rumput (stepa). Beberapa danau terdapat di wilayah ini, antara lain Danau Chany, Ubinka dan Kulunda. Sebagian besar wilayah bagian tengah merupakan kawasan hutan cemara, selebihnya berupa padang rumput, hutan tundra, dan gurun Artika. Wilayah bagian timur sebagian besar berupa daerah pegunungan dan perbukitan. Danau Baikal yang merupakan danau terdalam di seluruh dunia terdapat juga di bagian wilayah ini. Daerah tertinggi di wilayah ini adalah puncak Gunung Altai, yakni 4.750 meter di atas permukaan laut.

Perekonomian Siberia mengandalkan pada sum-ber-sumber alam yang sangat melimpah. Selain itu. sektor industri, pertambangan dan pertanian berkembang pesat. Sumber-sumber alam yang paling penting dari kawasan ini adalah gas alam, baja dan minyak.

Selain itu, kawasan ini juga menghasilkan emas, timah, platina, berlian, bijih besi dan bijih tembaga. Mampir setengah produksi minyak Uni Soviet dihasilkan dari kawasan ini, yakni di sekitar Sungai Ob yang nilai dieksploitasi sejak tahun 1965. Daerah penghasil minyak terutama di sekitar kawasan tundra bagian utara, sepanjang Sungai Pur dan di sekitar kawasan Sungai Ob. Beberapa tahun yang lalu, para ahli geologi menemukan adanya kandungan gas alam yang sangat besar di sekitar Urengoi. Bahkan diperkirakan cadangan gas alam ini merupakan yang terbesar di seluruh dunia. Lembah Kuznetsk merupakan daerah penghasil baja bagi negara. Sungai-sungai di kawasan ini juga banyak dimanfaatkan untuk membangkitkan ; naga listrik. Bendungan Krasnoyarsk yang terletak di Sungai Yenisey merupakan pembangkit listrik tenaga air yang terbesar di seluruh dunia, dengan kapasitas produksi pembangkit 6 juta kilowatt.

Kegiatan industri di kawasan ini terpusat di sekitar Lembah Kuznetsk. Produksi utamanya adalah bahan- bahan bangunan, kimia, dan mesin-mesin pertanian. Kawasan hutan di daerah ini menghasilkan produksi kayu, dengan produksi sepertiga produksi kayu Uni Soviet.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback