Advertisement

Merupakan siaran pendidikan khusus untuk masyarakat pedesaan yang merupakan 80 persen penduduk Indonesia. Siaran ini dimulai bulan September 1969, pada Pelita (Pembangunan Lima Tahun) I. Mula-mula program ini hanya disiarkan melalui radio, namun kemudian juga melalui media tercetak, televisi, media tradisional, dan media lainnya,- Tujuannya ialah meningkatkan kegairahan, kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan masyarakat pedesaan agar berperan aktif sebagai penggerak pembangunan. Dengan demikian, diharapkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dapat meningkat.

Isi siaran disiapkan oleh berbagai instansi di dae- Mula-mula siaran ini dititikberatkan pada bidang pertanian, tetapi kemudian diperluas dengan pelbagai masalah yang langsung dapat membantu masyarakat pedesaan, misalnya: peternakan, perkebunan, perikanan, gizi, keluarga berencana, Industri kecil, dan berbagai masalah sosial.

Advertisement

Siaran Pedesaan diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Pemerintah Daerah (RPD), dan radio siaran nonpemerintah, dan kemudian juga melalui program Koran Masuk Desa dan VRI. RRI menyelenggarakannya secara tetap setiap i:ari. Pada awal tahun 1987, jumlah jam siarannya sudah mencapai 543 jam seminggu. Siaran Pedesaan sebanyak itu dipancarkan melalui 49 stasiun RRI dan 108 RPD. Untuk mengetahui seberapa jauh siaran itu dapat dipahami dibentuklah Kelompok Pendengar Siaran Pedesaan.

Advertisement