PENGERTIAN SIANIDA

adsense-fallback

Nama garam-garaman dan senyawa organik yang mengandung gugus CN (terbuat dari satu atom karbon dan satu atom nitrogen). Kalium sianida (KCN) dan natrium sianida (NaCN) merupakan bahan kimia industri yang penting. KCN digunakan untuk memisahkan emas dari dalam bijihnya. Bila sianida logam diasamkan akan terbentuk hidrogen sianida, suatu gas yang mematikan. Sianida organik juga disebut nitril. Akrilonitril adalah suatu peramu plastik penting yang dibuat dari sianida. Sianida juga digunakan dalam larutan untuk penyepuhan dan dalam memproduksi obat dan bahan kimia lain.

adsense-fallback

Keracunan sianida dapat terjadi bila orang menghirup gas hidrogen sianida (HCN) atau memakan garam sianida, karena dalam lambung garam ini akan membebaskan asam sianida itu. HCN bersifat sangat tok- sik karena menghalangi proses oksidatif di dalam sel.

Proses sianida atau proses MacArthur – Forrest adalah proses mengekstrak perak dan emas dari bijihnya, dengan cara melarutkannya ke dalam larutan encer NaCN atau KCN. Logam berharga ini diendapkan dari larutan dengan bubuk zink.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback