PENGERTIAN SIAMANG

adsense-fallback

Anggota bangsa Primata yang memiliki anggota badan panjang dan tidak berekor. Jari kedua dan ketiga kaki depannya seperti bergabung menjadi satu, dan hanya dipisahkan oleh semacam selaput. Badannya sangat hitam mengkilap, kecuali bagian muka yang kadang-kadang*;ditumbuhi beberapa helai rambut berwarna putih, serta alis mata cokelat kemerahan. Dahinya rendah. Hidungnya lebar dan pesek. Pada tenggorokannya terdapat kantung dagu yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan gema jika siamang sedang bersuara atau bernyanyi. Panjang kepala dan badan siamang 55 – 65 sentimeter, dengan bobot 6 – 22,5 kilogram.

adsense-fallback

Siamang sering membuat suara gaduh pada waktu pagi dan sore hari, kecuali pada cuaca buruk. Hidupnya umumnya menyendiri atau dalam kelompok kecil yang terdiri atas satu jantan, dua betina atau induk, dan dua anak. Dibandingkan owa, binatang ini lebih mudah dihampiri manusia sampai jarak yang tidak terlalu jauh. Habitatnya hutan primer di dataran rendah maupun hutan pegunungan sampai ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut. Biasanya, mamalia ini tinggal di bagian atas tajuk pohon dan hanya sekali-sekali turun ke bawah untuk mencari makan. Daerah penyebarannya hutan sekitar Pegunungan Bukit Barisan dan Sumatra bagian timur, kecuali Lampung.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback