PENGERTIAN SAKRAMEN TOBAT

adsense-fallback

Adalah istilah lain untuk Sakramen Pengakuan dalam agama Katolik. Kata tobat berasal dari kata tawbat yang artinya berpaling dari jalan yang salah atau kembali ke jalan yang benar, terutama berpaling dari dosa kepada Allah. Tindakan berpaling menyangkut pikiran dan tindakan. Manusia yang bertanggung jawab atas kemauan dan perbuatannya yang jahat wajib berpaling atau bertobat dengan sadar; meninggalkan yang jahat dan mengarahkan diri (kembali) kepada yang baik. Tobat merupakan suatu transformasi radikal.

adsense-fallback

Para psikolog menjelaskan proses tobat sebagai penyatuan kembali diri manusia yang terbelah, karena sesuatu yang jahat yang diinginkan terasa menentang yang baik di dalam hati. Orang yang bertobat merasa dirinya utuh kembali serta benar, dan karena itu ia merasa bahagia.

Tobat mengikutsertakan pikiran, perasaan, dan kemauan. Tobat mengakui Tuhan sebagai Yang Mahamurah, bersedia membuka diri terhadap karya pe-nyelamatanNya, mau mengabdi kepadaNya dengan seluruh hati, melibatkan diri dalam persaudaraan umat beriman, dan mengubah cara hidup sesuai de-ngan petunjuk Ilahi.

Dalam Gereja Katolik, Sakramen Tobaf atau Sa-kramen Pengakuan adalah sarana rohani y:: g dianu-gerahkan Kristus kepada umatNya pada han Paskah. Melalui seorang imam yang diberi wewenang oleh uskup, Kristus mengampuni dosa orang-orang yang bertobat, bertekad menjauhi dosa, dan mengakui kesalahan-kesalahannya. Untuk menerima Sakramen ini dalam gereja-gereja Katolik terdapat kamar pengakuan.” Dosa-dosa berat wajib diakui secepatnya, sekurang-kurangnya pada masa Paskah. Di beberapa Gereja Protestan, pengakuan terhadap seorang pendeta dianjurkan juga.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback