PENGERTIAN PUTRI TIDUR

adsense-fallback

Atau Sleeping Beauty, adalah cerita anak-anak yang merupakan hikayat rakyat tradisional negeri Barat. Sumber utama hikayat ini adalah La belle a u bois dormant dari Kisah-kisah Ibu Angsa yang dikarang oleh Charles Perrault.

adsense-fallback

Dikisahkan pada suatu ketika raja membaptis putrinya yang masih bayi. Dalam perayaan pembaptisan itu, raja dan ratu mengundang tujuh peri bijak, sementara seorang peri yang terkenal sebagai peri jahat tidak diundangnya. Peri yang tidak diundang dalam perayaan itu-marah dan bersumpah untuk membalas dendam. Ketika peri keenam selesai mengucapkan selamat dan memberi berkat, tiba-tiba muncullah peri jahat dan mengucapkan kutukan bahwa bila suatu ketika jari sang putri tertusuk jarum alat tenun, ia akan mati. Namun salah seorang dari ketujuh peri bijak yang belum memberi berkat, mengubah kutukan mati itu menjadi tertidur selama 100 tahun.

Selesai pembaptisan, raja memerintahkan para prajuritnya untuk memusnahkan semua alat tenun di negerinya. Selama 16 tahun sang putri tak pernah melihat alat tenun. Suatu ketika, pada saat berulang tahun ke-16, ia menjumpai alat tenun di menara istana. Ketika itu pula jarinya tertusuk jarum. Akibatnya, ia dan semua penghuni istana tertidur selama 100 tahun. Selama waktu itu sebuah pagar tanaman liar tumbuh rapat mengelilingi istana, sehingga sulit bagi siapa pun memasukinya.

Ketika tahun ke-100 tiba, seorang pangeran berhasil menembus pagar tanaman yang tumbuh mengelilingi istana itu dan membangunkan putri dengan sebuah ciuman. Dalam versi Perrault, cerita ini berlanjut ke episode Ibu Suri Yang Jahat, yang mengisahkan pembalasan peri jahat dengan memusnahkan anak-anak Putri Tidur, tetapi versi Little Briar Rose dari Grimm’s Fairy Tales berakhir dengan bangunnya sang putri.

Sebagai kisah tradisional, cerita Putri Tidur iifi selain dijumpai di Inggris, juga didapati di India dan Italia. Meskipun gaya penuturan dan kisahnya berbeda, garis besar ceritanya mengisahkan hal yang sama.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback