Advertisement

INSURANCE COMPANY / PERUSAHAAN ASURANSI adalah suatu lembaga keuangan yang menyediakan berbagai polis ASURANSI (INSURANCE) untuk melindungi seseorang atau perusahaan dari risiko kerugian dengan membayar PREMIUM (PREMIUMS) secara teratur. Perusahaan asuransi bekerja dengan menyatukan risiko dari sejumlah pemegang polis. Dari catatan tuntutan asuransi dari masa yang lalu, aktuaris perusahaan dapat memastikan probabilita terjadinya suatu kejadian tertentu, misalnya kebakaran, dan dapat ditaksir rata-rata kerugian keuangan yang berkaitan dengan kejadian -tersebut. Dengan memakai informasi ini aktuaris berusaha menghitung premium yang sesuai bagi pemegang polis asuransi dan pendapatan premium kolektif untuk membayar TUNTUTAN KEUANGAN (CLAIMS) yang ada.
Untuk risiko asuransi yang tinggi perusahaan asuransi dapat mengambil jalan dengan melakukan ASURANSI KEMBALI (REINSURANCE), yaitu, membagi premium asuransi dengan perusahaan asuransi lain secara proporsional dari tuntutan keuangan yang mereka sepakati untuk menanggungnya. Sebagai tambahan, banyak perusahaan asuransi menawarkan skema tabungan dengan kontrak.
Perusahaan asuransi mempergunakan premium yang mereka terima bukan hanya menutup tuntutan kerugian sehari-hari tetapi juga untuk menghasilkan tambahan pendapatan dengan menginvestasikan dana mereka pada SURAT-SURAT BERHARGA (FINANCIAL SECURITES) (lihat INSTITUTIONAL INVESTOR). Khususnya, asuransi jiwa, karena sifatnya yang jangka panjang, adalah sangat menguntungkan untuk ditawarkan pada investasi jangka panjang bagi pemegang polis asuransi dan juga asuransi perusahaan. Dengan adanya laba, adalah biasa bila polis asuransi jiwa sekarang ini, menghubungkan asuransi jiwa dengan penyediaan pembiayaan hipotik untuk pembelian rumah.
Hampir semua perusahaan asuransi adalah anggota dari Lloyd’s, suatu organisasi dari pengasuransi. Perusahaan asuransi di Inggris diwakili oleh Asosiasi Pengasuransi Inggris (ASSOCIATION OF BRITISH INSURERS) yang menyediakan sebuah forum untuk mendiskusikan masalah-masalah umum yang berkaitan dengan anggota dan bertindak atas nama anggota dalam urusan dengan badan-badan lain seperti Institutional Investors Committee dan pemerintah. Penginvestasian dan pengaturan dana oleh perusahaan asuransi diatur oleh IMRO (Investment Management Regulatory Organization) dan LAUTRO yang berkaitan dengan berbagai standar praktek yang benar yang diatur dalam Financial Servis Act, 1986 (Undang- undang Jasa Keuangan tahun 1986). Lihat FINANCIAL SYSTEM.

Advertisement
Advertisement