PENGERTIAN PERILAKU ANTAR PERUSAHAAN

2 views

INTERFIRM CONDUCT / PERILAKU ANTAR PERUSAHAAN adalah suatu elemen dari PERILAKU PASAR (MARKET CONDUCT) menggambarkan cara perusahaan saling berinteraksi di pasar. Dua bentuk utama dari perilaku dapat diidentifikasikan:
(a) perilaku bebas (independen). Sedap perusahaan memformulasikan strategi persaingannya berkenaan dengan harga, periklanan, dan lain sebagainya, secara sepihak tanpa memperhatikan tindakan dari perusahaan lain. Bentuk perilaku ini biasanya berkaitan dengan pasar di mana terdapat banyak perusahaan kecil yang mempunyai bagian yang tidak berarti dari total penawaran pasar (lihat PERFECT COMPETITION; MONOPOLISTIC COMPETITION).
(b) perilaku saling bergantung (interdependen). Perusahaan mengakui bahwa mereka adalah SALING BERGANTUNG (MUTUALLY INTERDEPENDENT) satu sama lain (tindakan mereka secara langsung mempengaruhi posisi dari perusahaan lain) sehingga secara eksplisit mereka memperhitungkan kemungkinan akibat dari strategi persaingan mereka terhadap perusahaan lain. Saling ketergantungan diasosiasikan dengan OLIGOPOLI (OLIGOPOLY), di mana penawaran pasar dalam jumlah besar ditangani oleh sedikit perusahaan, yang sering mengarah ke KOLUSI (COLLUSION) sebagai alat untuk mengkoordinasikan harga, produksi dan kebijakan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *