Advertisement

Perguruan Tinggi, Perguruan tinggi mengajarkan pendidikan tinggi. Pertania kalinya pendidikan tinggi itu berupa studiurn gene•ale, sifat belajarnya adalah belajar bebas (vrijestudie). Pelajaran utamanya berkenaan dengan ilmu agama. Era perguruan tinggi modern dimulai oleh universitas tua, suatu organisasi pendidikan yang dikeIola secara rapi dengan menyelenggarakan ujian, selain itu pengajarnya harus mempunyai sertifikat berhak mengajar yang disebut licentia docendi. Universitas pernula era perguruan tinggi modern itu adalah Universitas Bologna di Itali, Universitas Oxford dan Universitas Cambridge di Britania, Universitas Sorbonne di Perancis dan Universitas Erlangen di Jerman serta universitas yang lebih muda yang tumbuh di Amerika Serikat antara lain Universitas Harvard.

Di Indonesia yang dimaksud dengan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggara­kan pendidikan tinggi.

Advertisement

Perguruan tinggi bisa berbentuk :

  • akademi
  • politeknik
  • sekolah tinggi
  • institut

Akademi adalah bentuk perguruan tinggi yang rnenyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang ilmu pengetahuan atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian tertentu. Menurut macamnya pengelola, ada tiga macam Perguruan.Tinggi/akademi :

– Perguruan Tinggi/ Akademi negeri yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan (PDK) sekarang Departemen Pendidikan Nasional.

  • Perguruan Tinggi/Akademi kedinasan, yang dikelola oleh Departemen atau instansi selain Departemen Pendidikan Nasional

Perguruan Tinggi/Akademi swasta yang dikelola oleh pihak swasta.

Politeknik adalah bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Perbedaan antara akademi dengan politeknik selain jumlah bidang ilmu yang dipelajari adalah, pada politeknik porsi praktek lebih banyak, perbandingannya bisa 50% praktek dan 50% teori, oleh karenanya peralatan untuk praktek lebih banyak di politeknik dibandingkan dengan di akademi.

Sekolah Tinggi adalah bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik ataupun pendidikan profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu.

Institut adalah bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik ataupun pendidikan profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi ataupun kesenian yang sejenis.

Universitas adalah bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik ataupun pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi ataupun kesenian. Dahulunya kepanjangan kata universitas adalah universitas magistrorunz et scholarizun, oleh karena terlalu panjang sekarang menjadi universitas saja.

 

Advertisement