Advertisement

PENGERTIAN PERENCANAAN KOTA – Berfungsi mengen­dalikan pertumbuhan atau perluasan suatu kota. Perencanaan kota berusaha memanfaatkan segala keun­tungan alami kota itu untuk menghasilkan kondisi terbaik dalam lingkup perumahan, lalu lintas, industri, pendidikan, hubungan sosial dan budaya, serta rekrea­si bagi warga kota.

Sebelum adanya perencanaan, kota tumbuh dengan sendirinya. Umumnya, kota tumbuh dari tempat orang mudah mencari nafkah dan berkumpul, seperti pasar. Dengan adanya pencaharian tersebut, orang-orang yang datang dari jauh akan menetap di sekitar tempat itu dengan membangun tempat tinggalnya. Penduduk bertambah, sehingga tempat itu akan memberikan le­bih banyak kesempatan kerja dan akan menarik lebih banyak orang untuk datang. Apa yang awalnya hanya perempatan jalan raya, lama-lama, bisa berkembang menjadi kota.

Advertisement

Sebuah kota memiliki sangat banyak kendala yang mempengaruhi perkembangannya. Adanya berbagai lapisan tingkat kehidupan dan kepentingan warga yang masing-masing berlainan juga amat menentukan perkembangan kota. Karenanya, kota yang tumbuh sendiri tanpa adanya badan yang mengaturnya akan menemui banyak kesukaran dan hambatan. Untuk menertibkan pertumbuhan kota, dibuatlah peraturan- peraturan bangunan. Setelah diketahui bahwa pera­turan bangunan ini tidak dapat mengatur tata letak ko­ta dengan baik, timbullah pemikiran tentang perencanaan kota. Perencanaan kota yang sistematis dapat dilihat sepanjang sejarah pembangunan negara- negara maju, seperti Babi Ion yang sekarang sudah runtuh, kota Kahun di Mesir, Athena dan Roma, dan pembangunan kembali kota London setelah mengala­mi kebakaran besar.

Perencanaan kota di Indonesia diawali pada akhir masa penjajahan, namun pelaksanaannya baru dimu­lai setelah Indonesia menjadi negara Republik. Kota satelit pertama yang dibangun menurut rencana ada­lah Kebayoran Baru yang perancangannya dipimpin oleh Ir. Karsten.

Bumi Serpong Damai di tenggara Jakarta merupa­kan salah satu kawasan baru yang pembangunannya direncanakan secara menyeluruh. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum mempunyai Ditjen Tatakota dan Daerah yang fungsinya antara lain mengatur dan mengawasi pembangunan dan pertumbuhan kota.

Advertisement