PENGERTIAN PERDAGANGAN DENGAN PERTUKARAN BARANG

1 views

COUNTERTRADE / PERDAGANGAN DENGAN PERTUKARAN BARANG adalah pertukaran barang secara langsung atau tidak langsung dalam PERDAGANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL TRADE). Perdagangan dengan pertukaran barang biasanya teijadi apabila kekurangan persediaan MATA UANG ASING (FOREIGN CURRENCIES) tertentu, atau apabila negara melaksanakan PENGAWASAN NILAI MATA UANG ASING (FOREIGN EXCHANGE CONTROLS)
Beberapa bentuk dari perdagangan dengan pertukaran barang termasuk:
(a) BARTER (BARTER) – pertukaran langsung antara barang dengan barang.
(b) dengan kompensasi – di mana penjual dari negara pengekspor menerima sebagian pembayaran dalam mata uangnya sendiri dan sisanya dibayar dengan barang oleh si pembeli.
(c) membeli kembali – di mana penjual pabrik dan peralatan dari negara pengekspor setuju untuk menerima sebagian barang yang diproduksi oleh pabrik dan peralatan di negara pengimpor sebagai bagian dari pembayaran.
(d) counterpurchase – imbal beli, di mana penjualan dari negara pengekspor menerima sebagian pembayaran dari barang dalam mata uangnya sendiri dan sisanya dalam mata uang lokal dari pembeli yang akan dipergunakan untuk membeli produk lain di negara pembeli. Lihat EXPORTING.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *