PENGERTIAN PERANG TUJUH TAHUN

adsense-fallback

Terjadi di daratan Eropa pada tahun 1756-1763, dan disebut juga Perang Darat Tujuh Tahun. Di kawasan perairan Asia dan Amerika, perang ini disebut Perang Laut Tujuh Tahun. Perang ini merupakan usaha memperebutkan hegemoni di Eropa dan dunia.

adsense-fallback

Negara Prusia yang berkembang pesat di bawah Friedrich II mulai ditakuti oleh negara lain, seperti Austria, Perancis, Rusia, dan Swedia. Bertentangan dengan politiknya yang selalu memusuhi Austria, Perancis meminta agar Austria dan Rusia ikut memerangi Prusia. Jika mereka menang, Prusia akan dijadikan negara kecil. Serangan dilakukan oleh Perancis, Austria, dan Rusia terhadap Prusia. Friedrich II sebagai panglima ulung berhasil mempertahankan negerinya dari hantaman lawan-lawannya. Tentara Perancis dapat dipukul mundur di Rosbach dan tentara Austria di Leuthen (1757). Suatu tentara gabungan Perancis- Austria dapat mengalahkan tentara Prusia di Kuners- dorf (1759). Tetapi persekutuan Perancis-Austria yang “aneh” itu bubar dan Prusia tidak mengalami kehancuran. Prusia tetap memiliki Zilezia dan tidak dijadikan negara kecil.

Inggris yang berusaha mengimbangi kekuasaan Perancis di Eropa maupun di dunia mempergunakan kesempatan dengan memihak Prusia, sehingga terjadilah Perang Laut Tujuh Tahun. Inggris di bawah Perdana Menteri William Pitt Senior berusaha keras menghancurkan Perancis sebagai saingan di dunia. Di India tentara Perancis di bawah Dupleix dapat dikalahkan oleh tentara Inggris di bawah Robert Clive. Di Amerika, tentara Perancis di bawah Laksamana

Duquesne dapat dikalahkan oleh Inggris yang dibantu oleh kaum kolonis di bawah George Washington. Dalam Perjanjian Paris (1763), Perancis kehilangan daerah jajahannya di India dan Amerika Utara.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback