Advertisement

Adalah penilaian yang dilakukan pendidik terhadap sikap dan tingkah laku anak didik di dalam kelas, terutama ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dengan menggunakan alat dan skala penilaian khusus, seperti skala Likert, sikap anak didik dapat dinilai.

Sikap, yang ada pada diri setiap manusia, adalah faktor yang dapat mendorong atau menimbulkan tingkah laku tertentu. Sikap senantiasa ada di dalam diri namun tidak selalu aktif setiap saat. Sikap merupakan kecenderungan untuk beraksi secara positif (menerima) atau pun negatif (menolak) terhadap suatu objek berdasarkan penilaian diri terhadap objek itu. Sikap seseorang lebih banyak diperoleh melalui proses belajar dibandingkan dengan pembawaan atau hasil perkembangan dan kematangan. Sikap dapat dipelihara atau ditumbuhkan dan dapat pula dirangsang atau diperlemah.

Advertisement

Sikap terdiri atas tiga komponen, yaitu komponen kognitif, afektif, dan komutatif. Komponen kognitif berupa^kepercayaan, ide, dan konsep; komponen afektif berupa perasaan yang menyangkut aspek emosional; dan komponen komutatif berupa kecenderungan bertingkah laku sesuai dengan sikap.

 

Advertisement