Advertisement

Pemerintah, Pemerintah juga merupakan salah satu di antara tiga unsur konstitutif negara. Sekalipun telah ada sekelompok individu yang mendiami sesuatu wilayah, namun belum juga dapat diwujudkan suatu negara, jika tidak ada segelintir orang yang berwenang mengatur dan menyusun hidup bersama itu. Pemerintah adalah organisasi yang mengatur dan memimpin negara. Tanpa pemerintah tidak mungkin negara itu berjalan dengan baik.

Pemerintah menegakkan hukum dan memberantas kekacauan, mengadakan perdamaian dan menyelaraskan kepentingan-kepentingan yang bertentangan. Oleh karena itu mustahillah adanya masyarakat tanpa pemerintah. Pemerintah yang menetapkan, menyatakan dan menjalankan kemauan individu-individu yang tergabung dalam organisasi politik yang disebut negara. Pemerintah adalah badan yang mengatur urusan sehari-hari, yang menjalankan kepentingan-kepentingan bersama. Pemerintah melaksanakan tujuan-tujuan negara, menjalankan fungsi-fungsi kesejahteraan bersama.

Advertisement

Untuk dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik dan efektif, pemerintah menggunakan atribut hukum dari negara, yakni kedaulatan. Pada pemerintahanlah kedaulatan sebagai atribut negara dikonkretisasikan. Kekuasaan pemerintah biasanya dibagi atas legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Lebih lanjut pokok bahasan ini akan diuraikan panjang lebar dalam pelajaran lain, yaitu pemerintahan dan demokrasi.

 

Advertisement