Advertisement

Atau ilmu kedokteran ke­hakiman, suatu bidang ilmu kedokteran yang mem­pelajari kelainan pada tubuh manusia yang diakibat­kan oleh tindak kejahatan. Pada tubuh korban keja­hatan umumnya terdapat tanda-tanda yang dapat memberi petunjuk mengenai jenis tindak kejahatan. Bila tindak kriminal ini menyebabkan kematian, se­bab kematian dapat ditelusuri melalui pemeriksaan be­dah mayat (autopsi) yang dilakukan oleh seorang ahli patologi forensik. Ahli patologi forensik adalah se­orang dokter yang telah mendapat latihan khusus di bidang patologi serta latihan tambahan tentang aspek- aspek patologi yang berkaitan dengan tindak kri­minal.

Korban tindak kejahatan yang mati dapat diserang dengan berbagai cara fisik, seperti ditembak, dipukul, dihantam, atau diracuni dengan bahan yang asing bagi lingkungan dalam tubuh, atau kadang-kadang dengan bahan biasa dalam jumlah yang berlebihan. Ahli pa­tologi forensik dilatih untuk mengerti arti luka-luka fisik tersebut. Bila tidak ada luka fisik, perlu dicari kemungkinan peracunan.

Advertisement

Tugas utama ahli patologi forensik adalah menen­tukan sebab dan saat kematian. Tugas tersebut baru dapat dipenuhi bila telah dilakukan autopsi. Semua petunjuk yang diperoleh pada waktu autopsi, misal­nya bahan-bahan asing yang mungkin berhubungan, contoh darah, kandungan alkohol dan obat-obatan, dicatat secara lengkap, baik dalam bentuk tulisan maupun foto. Beberapa atau seluruh organ dan ja­ringan tubuh mungkin diperlukan untuk analisis ra­cun selanjutnya. Bahan lain yang harus dikumpulkan antara lain rambut, pecahan senjata, yang mungkin ditemukan di dalam jaringan, serta bahan lain yang dapat membantu penyimpulan tindak kejahatan ter­sebut.

Beberapa ahli patologi forensik melakukan pe­meriksaan toksikologi di samping pemeriksaan pato­logi. Namun untuk pemeriksaan toksikologi yang ru­mit sering kali dibutuhkan seorang ahli toksikologi. Kesimpulan yang dibuat oleh ahli patologi forensik sangat penting, antara lain untuk menyelidiki suatu tindak kejahatan dan kasus-kasus yang berhubungan dengan asuransi.

Incoming search terms:

  • patologi forensik
  • arti patologi forensik
  • patologi forensik pengertian

Advertisement
Filed under : Review, tags:

Incoming search terms:

  • patologi forensik
  • arti patologi forensik
  • patologi forensik pengertian