PENGERTIAN PASAR VALUTA ASING

35 views

FOREIGN EXCHANGE MARKET / PASAR VALUTA ASING adalah suatu PASAR (MARKET) yang mempertemukan pembelian dan penjualan MATA UANG ASING (FOREIGN CURRENCIES). Pasar ini dibutuhkan karena setiap negara yang terlibat dalam PERDAGANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL TRADE) dan INVESTASI LUAR NEGERI (FOREIGN INVESTMENT) , mempunyai mata uang domestik yang harus ditukarkan dengan mata uang asing lainnya untuk membiayai transaksi perdagangan dan modal. Fungsi ini dilakukan oleh suatu jaringan keija dari pialang swasta valuta asing dan penguasa moneter suatu negara yang bertindak melalui bank sentralnya. Pasar valuta asing dilihat dari sifatnya mempunyai cakupan yang multinasional. Pusat pasar utama untuk transaksi valuta asing adalah London, New York dan Tokyo.
Mata uang asing dapat ditransaksikan dengan dasar tunai (‘spot’) untuk penyampaian seketika (lihat SPOT MARKET), atau dapat dibeli dan dijual untuk penyampaian pada waktu yang akan datang yang telah ditentukan (lihat FUTURES MARKET) . Kira-kira duapertiga transaksi valuta asing di London pada tahun 1991 dilakukan dengan transaksi tunai.
Pasar valuta asing dapat terjadi tanpa pengaturan oleh pemerintah, di mana NILAI TUKAR (EXCHANGE RATES) antara negara ditentukan oleh kekuatan faktor permintaan dan penawaran (lihat FLOATING EXCHANGE RATE SYSTEM) atau oleh pembelian dan penjualan dari BANK SENTRAL (CENTRAL BANKS) suatu negara untuk tujuan menetapkan nilai tukar pada tingkat tertentu (lihat FIXED EXCHANGE RATE SYSTEM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *