Advertisement

PENGERTIAN PARTAI KONGRES – Atau Ali Indian National Congress, partai politik terbesar di India yang didiri­kan pada tahun 1885. Partai ini menyatukan gerakan- gerakan nasionalisme di India yang menuntut kemer­dekaan dari tangan penjajah Inggris. Pendirinya orang Inggris yang mencintai India, Allan O. Hume.

Pada awal berdirinya, partai ini tidak jelas programnya. Namun, seiring dengan perkembangan Partai Kongres ini, malapetaka terjadi dalam tubuh­nya. Pada tahun 1906, kaum muslimin India keluar dari Partai Kongres dan mendirikan partai sendiri, Li­ga Muslimin (Moslem League). Perpecahan ini antara lain disebabkan oleh sikap fanatik sementara orang Hindu yang bersemboyan “India adalah Hindu”. Pada awalnya Liga Muslimin hanya menuntut pemilihan perwakilan yartu terpisah, dalam arti orang Hindu dan orang Islam memilih wakil-wakilnya sendiri setelah jumlah setiap perwakilan dalam pemerintahan dite­tapkan terlebih dahulu. Keinginan kaum muslimin ini ditolak oleh Partai Kongres. Karena itu Liga ini me­nuntut negara sendiri bagi kaum muslim; tuntutan ini kemudian terwujud dengan berdirinya negara Pakis­tan yang terpisah dari India pada tahun 1947. Bebera­pa pemimpin Liga Muslimin antara lain Muhammad Ali Jinnah dan Liaquat Ali Khan.

Advertisement

Sejarah perkembangan Partai Kongres itu tidak ter­lepas dari aksi-aksi bangsa India untuk menuntut ke­merdekaan dari penjajah Inggris. Dalam kaitan inilah terdapat dua aliran dalam tubuh Partai Kongres, yakni golongan moderat dan golongan radikal. Golongan moderat, yang antara lain dipimpin oleh Banerji dan Motilal Nehru (ayah Jawaharlal Nehru), telah puas de- ngan tuntutan swaraj (pemerintahan sendiri dalam lingkungan Kerajaan Inggris). Golongan radikal, yang antara lain dipimpin Tilak dan Jawaharlal Neh­ru, menuntut kemerdekaan penuh atau purna swaraj.

Sejak diumumkannya kemerdekaan India tanggal 15 Agustus 1947, meskipun tetap dalam status domi­nion, Partai Kongres menjadi partai terbesar di India. Partai Kongres ini sampai sekarang tetap merupakan partai politik yang terbesar di India. Sampai sekarang Partai Kongres telah delapan kali memenangkan pe­milihan umum di India. Ini berarti Partai Kongres te­lah delapan kali memegang tampuk pemerintahan di India.

Advertisement