Advertisement

Seorang peneliti harus :

  • Mampu mempertahankan obyektivitas ilmiah
  • Sabar, bisa menyesuaikan diri tanpa melacurkan diri
  • Terbuka terhadap ide-ide baru
  • Jujur, kreatif, inovatif, bernalar dan berlogika.

Dalam upaya mempertahankan moral peneliti agar tetap luhur, banyak ilmuwan terkem.uka yang selalu berpikir bagaimana agar para peneliti teguh memegang etika sebagai ilmuwan. Orang-orang itu antara lain Dullaart, Descartes dan Immanuel Kant. Setelah memberikan wejangan kepada promovendus yang dibimbingnya Kant memintanya untuk beijanji :

Advertisement

“Senat Universitas telah mentutuskan ntenganugeralthan kepada Anda derajat doktor sains. Hal itu adalah suatu kehormatan yang membazva suatu kezvajiban. Kezvajiban itu adalalz untuk selalu setia mempertahankan kebenaran ilmiah, pantang tergoda untuk menekan atau memalsu kebenaran ini, apakah di bazvah tekanan elconomi atau politik. Sejizva dengan ini saya selaku Ketua Senat, mengulurkan tangan saya kepada Anda dan meminta Anda berjanji untuk menjaga kehormatan yang telali dianugerahkan Senat kepada Anda ini dari segala macam noda yang mencemarkan dan tanpa terpengaruh oleh pertimbangan-pertimbangan lain, selalu mencari, dan rnemberikan kesetiaan Anda, izanya kepada kebenaran”.

Dullart mengusulkan lafal janji ilmuwan sebagai berikut :

“Setelah diterinza bekezja sebagai ilmuzvan pengetahuan alam saya berjanji menggunakan pengetahuan saya selurithnya untuk melayani bnngsa manusia. Akan saya jalankan pekerjaan saya dengan sungguh-sungguh dan terhormat. Saya tidak pernah akan bekerjasama dalam penelitian yang bertujuan membunith makhluk hidup tanpa pertinzbangan; atau mengganggu lcesetinzbangan hayati yang akan membahayakan bangsa manusia, dan tidak pula akan saya dukung penelitian-penelitian sejenis itu. Panduan karya ilnziah saya adalah peningkatan kesejahteraan bersama bangsa maziusia dan di dalam usaha ini saya tidak akan nzembunulz makhlukhidup ataztpun tidak akan saya izinkan pembunuhan makhluk hidup untuk kepentingan alasan-alasan yang buruk, picik, dan pencarian keuntungan yang rakus. Saya bertanggungjazvab penuh atas akibat-akibat buruk pekerjaan saya yang tidak dapat diperkirakan sebelunznya. Saya akan berusaha meniadakan pengaruh buruk itu dengan sekuat usaha saya. Ini semita saya janjikan secara sukarela demi kehormatan saya”.

 

 

Sedangkan Descartes mengatakan :”Saya tidak dapat mengerjakan proyek-proyek yang berguna bagi sebagian orang tetapi membahayakan orang lain”

Melihat persyaratan untuk menjadi peneliti dernikianbera. t maka sudah selayaknya seorang peneliti mendapat penghormatan. Itulah sebabnya di negara Commonzvealth, seorang doktor (Ph.D.) yang sebenarnya sudah terhormat, apabila penelitiannya bernas akan dianugerahi derajat D.Sc, sedangkan di Negeri Belanda seorang doktor disebut dengan zeergeleerde heer, yang artinya yang maha terpelajar.

Advertisement