Advertisement

MITOSIS, Istilah mitosis dan pembelahan sel digunakan secara meluas tetapi salah, seolah-olah kedua istilah itu sinonim. Dalam artian yang sempit mitosis hanya mengacu kepada pembelah-an inti, sedangkan pembelahan sel mencakup pula pembelahan sitoplasma yang biasanya mengikuti mitosis itu. Untuk menghindari kerancuan yang tersirat dalam frasa ‘pembelahan sel’, maka pembelahan sitoplasma kadang-kadang dibedakan dengan istilah sitokinesis.

Mitosis pada tumbuhan dan hewan adalah sama, tetapi pada tumbuhan tahap-tahapnya dapat mudah dilihat pada irisan tipis yang diwarnai dari penampang melintang pada meristem ujung, biasanya ujung akar tumbuhan berbunga. Urutan kejadiannya kemudian dapat disusun kembali setelah dipelajari sel yang telah dimatikan dan diwarnai pada berbagai tahap pembelahan. Pada masa lalu metode ini merupakan satusatunya cara untuk mempelajari proses itu, tetapi kini dengan menggunakan sel dalam larutan kultur perubahan-perubahan yang terjadi dalam sel hidup dari awal sampai akhir mitosis dapat diikuti di bawah mikroskop. Waktu yang diperlukan bagi keseluruhan proses mitosis biasanya antara 30 menit sampai 3 jam, tetapi pada organisme yang berbeda jangka waktu ini bervariasi dari 10 menit sampai 24 jam.

Advertisement

Walaupun mitosis itu merupakan proses yang sinambung, untuk memudahkan pertelaan mitosis dibagi menjadi empat tahap, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase.

Advertisement