Advertisement

Liberalisme, Dalam Liberalisme ini, nilai yang tertinggi terletak pada individu yang otonom. Dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan manusiawi yang dimilikinya, akal mempunyai peranan yang cukup tinggi, kebebasan individu tidak boleh dihalang-halangi. Hasil yang terbaik dari manusia adalah bagaimana kita dapat menghilangkan hambatan-hambatan bagi kebebasan individu, dan membiarkannya mengejar kepentingannya sendiri tanpa mendapat halangan apapun. Meskipun demikian menurut ideologi Liberalisme

kekuasaan juga diperlukan, karena manusia tidaklah sempurna. Kekuasaan itu haruslah terletak di tangan negara yang melindungi orang-orang, sehingga kebebasan mereka tidak terhambat oleh kekerasan atau tindakan lain yang jahat.

Advertisement

Liberalisme ini berimplikasi adanya suatu keyakinan yang besar terhadap prestasi-prestasi manusia, dan oleh karena itu dapat dimaklumi mengapa ideologi ini justru dilindungi oleh golongan tnenengah yang telah banyak prestasinya, terutama di bidang ekonomi. Golongan ini juga tidak mempunyai keberatan-keberatan mendasar terhadap tata masyarakat seperti yang telah berkembang sesudah zaman pertengahan.

Advertisement