PENGERTIAN LAZURIT

adsense-fallback

PENGERTIAN LAZURIT – Salah satu anggota kelompok mineral feldspatoid. Selain mengandung aluminium silikat dan sulfat, lazurit mengandung sulfida dan klorida dari natrium dan kalsium. Lazurit ditemukan di dalam batu kapur yang berubah menjadi marmer dengan pe­nerobosan batuan lelehan.

adsense-fallback

Lazurit dikenal karena warna birunya yang kuat dan komposisi kimianya yang khas. Kristalnya yang tembus cahaya dan memiliki kilauan seperti kaca ini tersusun secara isometrik. Dulu, karena mempunyai warna biru langit yang sangat kuat, bubuk lazurit di­gunakan sebagai bahan pembuat ultramarine, pigmen biru yang sangat tinggi nilainya. Sekarang banyak pigmen biru dibuat secara sintetis. Ketika terbentuk bersama-sama pigmen biru feldspatoid lainnya, lapis­an putih kalsit, dan noda kuning pirit, lazurit menjadi batu perhiasan yang dikenal dengan nama lapis lazuli. Lapis lazuli sudah ditambang lebih dari 6.000 tahun yang lalu di Afganistan. Tambang sejenis juga dite­mukan di Siberia dan Chile.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback