PENGERTIAN LAYAR PERAGA

adsense-fallback

PENGERTIAN LAYAR PERAGA – Dalam dunia komputer, suatu alat dengan bentuk mirip pesawat televisi, yang digu­nakan untuk menampilkan keluaran berupa aksara (teks), gambar maupun grafik. Keluaran itu dapat di­hasilkan dari suatu pemrosesan, atau berupa umpan balik dari apa yang dimasukkan (diketik) lewat papan kunci. Pada perkembangannya, layar peraga juga da­pat digunakan sebagai alat masukan, dan dikenal de­ngan istilah TSS (touch sensitive screen, layar peka sentuhan). Istilah lain yang biasa digunakan untuk la­yar peraga adalah monitor, CRT (cathode ray tube, tabung sinar katode), dan juga VDU (visual display unit. satuan peraga visual).

adsense-fallback

Layar peraga dapat dikelompokkan sebagai layar peraga tak berwarna (monochrome) dan berwarna (co­lor). Layar peraga tak berwarna biasanya berupa suatu layar peraga dengan latar belakang hitam dan karakter putih atau hijau. Warna karakter ataupun gambar ini dihasilkan dari berpendarnya lapisan fosfor dalam ta­bung kaca layar peraga tersebut karena tembakan elektron. Bergantung pada jenis fosfor, akan dipero­leh warna putih ataupun hijau. Warna latar belakang dan aksara yang dihasilkan (biasa dikenal sebagai la­tar depan, foreground) dapat dipertukarkan; keadaan ini dikenal dengan istilah pembalikan (reverse).

Layar peraga berwarna dapat menampilkan hampir semua warna yang kita kenal. Warna yang dihasilkan ini didapat dengan*rrienggabungkan tiga warna dasai, yaitu merah, hijau, dan biru. Namun ada juga layar peraga yang kombinasi warnanya sangat terbatas, sehingga ketiga warna dasar tersebut sangat dominan. Layar peraga ini biasa dikenal dengan istilah layar pe­raga RGB (red, green, blue).

Aksara maupun gambar serta grafik yang dihasil­kan pada layar peraga pada dasarnya dibuat dari se­kumpulan titik-titik yang membentuk aksara, gambar, maupun grafik. Makin rapat titik-titik pembentuk ob­jek tersebut, makin baik kualitas aksara maupun gam­bar yang bersangkutan. Kerapatan titik per satuan panjang ini dikenal sebagai daya pisah (resolusi). Da­lam layar peraga yang umum digunakan dalam mikro­komputer, dikenal dua macam layar peraga, yaitu layar peraga grafik biasa dengan daya pisah rendah yang dilengkapi dengan kartu elektronik (card) yang dikenal dengan istilah CGA (color graphic adapter), dan grafik dengan daya pisah tinggi dengan kartu yang dikenal sebagai EGA (enhanced graphic adapter).

Pada layar peraga selalu ada suatu tanda yang di­pergunakan untuk menunjukkan di manakah karakter yang akan diketik akan ditampilkan. Tanda ini biasa­nya berupa tanda kotak maupun garis yang berkedip- kedip (blinking) dan dikenal dengan istilah kursor (cursor). Pada modus grafik, kursor ini dapat berupa sebuah kotak, ataupun berupa suatu tanda anak panah. Kalau berbentuk kotak ataupun anak panah, biasanya tanda tersebut tidak berkedip. Pada kursor berbentuk kotak, warna latar belakang dan aksara berkebalikan dengan karakter yang lain (reverse).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback