PENGERTIAN LAUT TERITORIAL

adsense-fallback

PENGERTIAN LAUT TERITORIAL – Atau laut wilayah, adalah lajur laut yang terletak di antara garis pangkal/dasar dan garis luar yang sejajar dengUn garis pangkal/dasar. Garis dasar adalah garis tempat mulai diukurnya laut wila­yah (lihat Landas Kontinen). Lebar laut wilayah ter­gantung pada perundang-undangan negara pantai. Menurut Konvensi Hukum Laut tahun 1982, lebar laut wilayah tidak boleh melebihi 12 mil laut dari ga­ris dasar. Menurut Undang-undang No. 4 Pip tahun 1960 tentang Perairan Indonesia, laut wilayah Indone­sia ialah lajur laut selebar 12 mil laut yang garis luar­nya diukur tegak lurus atas dasar atau titik pada garis dasar yang terdiri atas garis-garis lurus yang meng­hubungkan titik terluar pada garis air rendah daripada pulau-pulau atau bagian pulau-pulau yang terluar da­lam wilayah Indonesia, dengan ketentuan bahwa jika ada selat yang lebarnya melebihi 24 mil laut dan In­donesia tidak merupakan satu-satunya negara pantai, maka garis batas laut wilayah Indonesia ditarik pada tengah selat. Semua perairan yang terletak pada sisi dalam garis dasar disebut Perairan Pedalaman.

adsense-fallback

Pada Perairan Pedalaman kedaulatan negara berla­ku penuh. Laut wilayah kedaulatan negara pantai di­batasi dengan hak kapal asing untuk lewat dengan da­mai. Menurut pasal 3 UU No. 4 Pip tahun 1960, hak lintas damai di Perairan Pedalaman Indonesia terbuka bagi kendaraan asing, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 8 tahun 1962 tentang Lalu Lintas Laut Damai Kendaraan Air Asing Dalam Perairan In­donesia.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback