PENGERTIAN LAUT TENGAH

adsense-fallback

PENGERTIAN LAUT TENGAH – Salah satu laut terpenting dan ter­besar di dunia. Oleh orang Italia laut ini disebut Mare Nostrum yang berarti laut milik kami. Secara fisik laut ini memisahkan Eropa dari Asia dan Afrika, tetapi memungkinkan terjadinya asimilasi budaya Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Asia Barat.

adsense-fallback

Panjangnya dari timur ke barat 3.700 kilometer dan 1.600 kilometer dari utara ke selatan pada titik ter­lebar. Luasnya 2.500.000 kilometer persegi. Laut itu hanya mempunyai tiga pintu keluar yang sempit, yaitu Selat Gibraltar di barat dengan lebar 14 kilometer, Se­lat Dardar.elia di timur laut dengan lebar 1,6 kilome­ter, dan Terusan Suez di tenggara. Kedalamannya mencapai 4.390 meter di selatan Yunani, 1.430 meter di bagian barat, dan 242 meter di Laut Adriatik.

Pantai Laut Tengah begitu berkelok-kelok sehing­ga terbentuklah beberapa bagian yang terisolasi dan mendapat nama sendiri, misalnya Laut Liguria di se­latan Riviera, Laut Tyrrhenia di antara Italia dan Sar­dinia, Laut Adriatik di antara Italia, Yugoslavia, dan Albania; Laut Ionia, antara Italia Selatan dan Yunani; Laut Kreta, antara Kreta dan Yunani; dan Laut Aegea, antara Turki dan Yunani.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback