PENGERTIAN LAUT MERAH

adsense-fallback

PENGERTIAN LAUT MERAH – Jalur air sempit yang memisahkan bagian timur laut Afrika dari Semenanjung Arab. Da­hulu namanya Sinus Arabicus atau Erythraea. Luas­nya mendekati 438.000 kilometer persegi. Bagiannya yang terdalam 2.920 meter. Dari Suez di Mesir laut ini membentang sepanjang sekitar 2.100 kilometer ke arah tenggara menuju Selat Bab el-Mandeb. Dari selat ini Laut Merah melalui Teluk Aden, kemudian berte­mu dengan Samudera Hindia. Bagiannya yang terle­bar adalah 247 kilometer. Pada sisi sebelah baratnya memanjang pantai Mesir, Sudan, dan Etiopia; sedang­kan di sebelah timurnya memanjang pantai Arab Sau­di dan Yaman. Di bagian utara, laut ini terpecah dua ke dalam Teluk Suez yang dangkal (barat laut) dan Teluk Aqaba sedalam 1.676 meter (timur laut).

adsense-fallback

Dengan dibangunnya Terusan Suez yang meng­hubungkannya dengan Laut Tengah, Laut Merah me­rupakan jalur lalu lintas air yang penting antara Eropa dan Asia. Laut ini tidak menerima limpahan air dari sungai. Di wilayah sekitar laut ini ditemukan kan­dungan minyak, mineral hasil penguapan (garam, gips, serta dolomit), serta logam berat dalam lumpur dasar laut (yang ditemukan baru-baru ini dan belum ditambang).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • arti laut merah

adsense-fallback