Advertisement

PENGERTIAN LAURASIA – Nama yang diberikan kepada suatu be­nua sangat besar yang diduga ada di bumi sekitar 180 juta tahun yang lalu berdasarkan teori Apungan Be­nua. Laurasia mencakup Amerika Utara, Tanah Hijau, dan Eurasia (Asia dan Eropa). Istilah ini diciptakan oleh geologiwan Jerman, Rudolf Staub, pada tahun 1926 dan diambil dari dua nama: Pegunungan Laurent (bagian Kanada) dan Eurasia.

Menurut teori Apungan Benua Alfred Wagener, se­kitar 200 juta tahun yang lalu, seluruh daratan di bumi membentuk sebuah benua tunggal sangat besar yang disebut Pangaea. Sekarang sebagian besar daratan di bumi berada di belahan bumi utara, namun hampir se­luruh Pangaea pada waktu itu berada di belahan bumi selatan. India, yang saat itu bukan bagian Asia, berada di dekat Antartika. Australia, yang sekarang berada di dekat khatulistiwa, pada waktu itu berdempet dengan Kutub Selatan.

Advertisement

Benua Pangaea pecah dan terpisah menjadi dua da­ratan besar, Laurasia dan Daratan Gondwana. Daratan Gondwana mencakup Afrika, Arabia, Amerika Sela­tan, Antartika, Australia, dan India. Dan sejak 150 ju­ta tahun yang lalu, Laurasia dan Gondwana masing-masing mulai terpisah-pisah menjadi benua-benua, serta bergeser ke kedudukannya sekarang. Kecepatan bergesernya mencapai 2,5 sentimeter setahun.

Incoming search terms:

  • pengertian laurasia

Advertisement
Filed under : Budaya, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian laurasia