Advertisement

PENGERTIAN KULIM – Sering dikenal pula sebagai kayu bawang hutan. Tumbuhan berupa pohon ini tingginya menca­pai 30 meter dan diameter batangnya 0,8 meter. Batangnya lurus bulat, kecuali pada pangkal yang se­dikit beralur atau bersudut, serta tidak melilit dengan bonggol. Tajuknya kecil, kurang lebih silindris. Kulit­nya setebal 0,5 -“>1,5 sentimeter, dengan alur kulit me­manjang, dan sangat dalam bentuk banyak serpih tipis segi empat dengan bau bawang putih.

Kayu kulim termasuk kayu berkualitas baik dan be, rat dengan kelas kuat I, kelas awet I – II, dan berat jenis 0,90- 1,05. Kayu gubalnya berwarna kunino muda atau merah cokelat dan tebalnya 1 – 3 sentime. ter. Kayu terasnya berwarna merah lembayung keco, kelat-cokelatan atau merah cokelat gelap. Kayunya mempunyai bau khas seperti bawang. Kayu inj bertekstur agak halus dengan serat yang berpadu atau bergelombang. Kayunya termasuk cukup keras, daya kembang-susutnya tinggi, mudah retak, dan mudah dikerjakan.

Advertisement

Kulim banyak adanya di hutan-hutan di Sumatra dan Kalimantan. Kayunya dimanfaatkan untuk ba­ngunan, kayu lapis, lantai, bantalan rel kereta api tiang listrik dan telepon, serta perkapalan.

Advertisement