Advertisement

PENGERTIAN KULI – Hidup di laut sebagai ikan pemangsa. Warna tubuhnya hijau kebiruan di sebelah atas, sedangkan sisi bagian bawah keperakan. Sirip-siripnya berwarna kuning. Sisik tubuhnya kecil-kecil. Pada daerah tutup insangnya terdapat sebuah noda hitam besar.

Bentuk tubuh ikan kuli memanjang dan pipih. Gi­ginya yang kecil berukuran sama dan terletak pada ra­hang, vomer, langit-langit, dan lidah. Gigi-gigi pada rahang bawahnya terletak dalam satu seri. Sirip pung­gung berwarna kuning dengan tepi hitam. Sirip pung­gung pertama terdiri atas 8 jari-jari keras, sirip pung­gung kedua terdiri atas 1 jari-jari keras dengan 10- 11 jari-jari lemah diikuti 7 – 9 jari-jari sirip tambahan. Sirip analnya terdiri atas 2 jari:jari keras yang lepas dan 1 jari-jari keras yang bergabung dengan 8-10 jari-jari lemah tambahan. Sirip dadanya panjang dan runcing di ujungnya serta berbentuk bulan sabit.

Advertisement

Di Indonesia, ikan yang panjang tubuhnya menca­pai 30 sentimeter ini tersebar di daerah pantai dari per­airan karang Sumatra, Bintang, Bangka, Jawa, Kali­mantan, Bali, Sumbawa, Sulawesi, Bacan, Seram, dan Ambon. Selain itu, ikan ini dapat dijumpai pula di Si­ngapura, Laut Merah, Muscat, Zanzibar, Natal, Madagaskar, Arab bagian selatan, Madras, Teluk Benggala, Semenanjung Malaya, Thailand, Hong Kong, Taiwan, Filipina, Taman, Queensland, Port Jackson, Samoa dan Haiti.

Advertisement