Advertisement

PENGERTIAN KUKANG – Salah satu anggota Primata yang paling primitif. Tubuhnya berukuran sebesar kucing. Hidup­nya di pepohonan. Cirinya yang paling menonjol ada­lah gerakannya yang lamban, sehingga terkadang di­sebut binatang malu-malu, matanya yang besar, serta rambutnya yang halus seperti wol. Selain itu, kukang juga mudah dikenali dari rambutnya yang berwarna cokelat muda atau abu-abu dengan garis cokelat tua atau kehitaman di sepanjang tengah punggung; dan di bagian kepala garis tersebut bercabang dua menuju te­linga dan terus ke depan melingkari mata. Panjang tubuhnya 19-27 sentimeter tidak termasuk ekornya yang 13-25 milimeter. Beratnya 230 – 610 gram.

Penyebaran kukang meliputi seluruh Asia Teng­gara. Di Indonesia, binatang ini dijumpai di hutan-hu­tan Jawa, Sumatra, dan Kalimantan, pada daerah berketinggian 0 – 1.300 meter di atas permukaan laut.

Advertisement

Kukang yang hidupnya menyendiri mencari makan pada malam hari. Makanannya serangga, inoluska, buah-buahan, kadal, burung, dan mamalia kecil. Bi­natang ini sering dijumpai di hutan sekunder, kebun yang telantar, dan perkebunan cokelat. Mangsanya ditangkap dengan cengkeraman tangannya yang kuat. Ada yang melaporkan bahwa kekuatan cengkeraman kukang melebihi monyet atau lutung. Pada waktu ma­kan, sering kali terlihat kukang bergantung pada da­han dengan kedua kakinya, sedangkan tangannya me­megang makanan. Ketika tidur, binatang ini meng­gulung badannya seperti bola.

Binatang ini berkembang biak dengan melahirkan seekor anak, jarang dua ekor. Sehubungan dengan gerakannya yang lamban, bi­natang ini mudah ditangkap pemangsa atau manusia, sehingga populasinya semakin merosot. Oleh karena itu, kukang dilindungi undang-undang.

Advertisement