Advertisement

PENGERTIAN KUDA LAUT – Suatu jenis ikan laut yang berpe­nampilan sangat berbeda dengan jenis-jenis ikan pada ‘ umumnya. Sesuai dengan namanya, kuda laut mem­punyai bentuk kepala mirip kuda, dengan moncong panjang seperti tabung, sedangkan kerangka tubuh, nya berupa kerangka luar berbentuk lingkaran yang bertulang.

Cara berenang kuda laut sangat unik. Jika pada umumnya ikan berenang meluncur dengan kepala di depan dan ekor di belakang, yang berfungsi sebagaj kemudi, kuda laut berenang dengan posisi tegak, ni kepala di atas dan ekor di bawah, sedangkan fungsi kemudi dipegang sirip punggung. Apabila ikan ini bergerak, sirip punggungnya menggeletar lembut dan terjadilah gerak maju atau mundur secara perlahan. Apabila lelah, ikan ini mengkaitkan ekornya pada ta­naman air di sekitarnya.

Advertisement

Panjang tubuh kuda laut dapat mencapai 30 senti­meter. Sirip punggungnya terdiri atas 16- 18 jari le­mah, namun umumnya 17 jari. Sirip analnya mempu­nyai 4 jari lemah, sedangkan sirip dadanya 15-17 jari lemah. Makanan kuda laut berupa krustasea renik seperti Artemia sp., atau kadang-kadang Daphnia sp.? meskipun sebaiknya tidak diberikan karena gerakan­nya cukup cepat untuk menghindari tangkapan kuda laut yang lamban.

Di Indonesia, penyebaran kuda laut meliputi Pulau We, Nias, Nako, Simalur, Sumatra, Jawa, dan Kali­mantan. Selain itu, ikan ini dapat dijumpai pula di Si­ngapura.

Incoming search terms:

  • pengertian kuda la
  • pengertian tentang kuda laut

Advertisement
Filed under : Ilmu Alam, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kuda la
  • pengertian tentang kuda laut