Advertisement

PENGERTIAN KRETINISME – Suatu kelainan hormonal pada anak- anak akibat kurangnya hormon tiroid. Penderita ke­lainan ini mendalami kelambatan dalam perkem­bangan fisik maupun mentalnya, kretinism dapai diderita sejak lahir atau pada awal masa kanak-kanak.

Bentuk tubuh seorang anak kretin khas, yaitu ‘pen­dek dengan proporsi yang tidak normal. Lidahnya be­sar dan lebar, pangkal hidungnya datar, rambutnya ka­sar dan kering, kulitnya kusam, dan otot-ototnya lembek. Anak-anak ini biasanya mengalami gang­guan pencernaan, pendengaran, dan bicara. Bila kelainan ini terjadi sebelum umur 2 tahun, biasanya anak mengalami keterbelakangan mental untuk sela­manya. Bila munculnya kelainan ini setelah umur 2 tahun, anak hanya mengalami kelambatan pertum­buhan dan perkembangan fisik.

Advertisement

Penyakit lain yang menyerupai kretinism, yaitu mongolisme dan kekurangan hormon tiroid akibat kurangnya hormon perangsang kelenjar tiroid (TSH atau Thyroid Stimulating Hormone), yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Bedanya, pada mongolisme ditemukan kelainan genetik yang menjadi penyebab­nya, sedangkan hormon tiroid tetap normal. Keku­rangan hormon TSH dapat diketahui dari pemeriksa­an kadar hormon yang dihasilkan kelenjar hipofisis. Selain itu, bila tulang diperiksa dengan Rontgen, pada anak kretin ditemukan kelainan khas, yaitu umur tu­lang lebih muda daripada umur yang seharusnya, dan , pertumbuhan tulang tungkai terganggu.

Kelainan ini diobati dengan pemberian hormon ti­roid. Hormon diberikan tiap hari secara terus-mene­rus. Bila kelainan muncul sebelum usia 2 tahun, peng­obatan ini tidak dapat memperbaiki keterbelakangan mental yang ditimbulkannya.

Advertisement