PENGERTIAN KRETIN

adsense-fallback

PENGERTIAN KRETIN – Suatu keadaan anak dengan perawakan pendek dan menderita keterbelakangan mental. Ke­lainan ini disebabkan oleh kekurangan hormon tiroid (hipotiroidi) sejak lahir atau sejak dalam kandungan. Dikenal dua macam kretin, yaitu yang disebut kretin endemik dan kretin sporadik.

adsense-fallback

Kretin endemik ditemukan di daerah gondok ende­mik. Kekurangan hormon tiroid pada jenis ini dise­babkan oleh kekurangan iod. Pada kretin sporadik, ke­kurangan hormon tiroid disebabkan oleh kelenjar tiroid yang tidak terbentuk, terbentuk tetapi tidak sempurna, atau terganggu dalam biosintesis hormon. Seorang penderita kretin mempunyai bentuk tubuh dan wajah yang khas, yaitu hidung pesek dan lebar, mata terletak berjauhan, lidah menonjol dari mulut, rambut jarang, kulit kasar dan dingin pada perabaan, leher pendek, perut buncit, pusat sering bujal (hernia umbilikalis), serta anggota tubuh relatif lebih pendek daripada badan. Di samping keterbelakangan mental, juga ditemukan perkembangan yang terlambat. Penderita kretin endemik juga sering menderita tuli. dan fungsi geraknya terganggu.

Pada waktu lahir hipotiroidisme sukar dikenali, ka­rena gejala-gejalanya tidak jelas. Untuk dapat mem­buat diagnosis hipotiroidisme pada bayi baru lahir, di negara-negara maju dilakukan tes uji saring. Dengan pengobatan dini, yaitu dengan pemberian hormon ti­roid pada bayi sebelum berumur 1 bulan, gejala-gejala kretinisme dapat.dicegah. Bila tindakan ini terlambat, gejala fisik dA keterbelakangan mental tidak dapat diperbaiki lagi.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback