PENGERTIAN KREMLIN

adsense-fallback

PENGERTIAN KREMLIN – Berasal dari kata Rusia kreml’ yang ber­arti benteng, yakni benteng pertahanan yang dibangun di kota-kota Rusia sekitar Abad Pertengahan. Ba­ngunan itu biasanga berlokasi di tempat strategis di tepi sungai. Di sekeliling bangunan dibuat dinding ka­yu atau tembok sehingga terpisah dari bagian kota lainnya. Dinding tembok itu dilengkapi dengan kubu- kubu, parit, menara, dan lekuk tempat menembak atau memanah. Fungsi kremlin adalah sebagai pusat ke­agamaan dan administrasi. Di dalamnya dibangun istana, gereja, gedung-gedung pemerintah, dan pasar.

adsense-fallback

Kremlin yang paling terkenal adalah Kremlin Moskwa, yang dibangun pada tahun 1156. Bentuknya segi tiga dan panjangnya 2,4 kilometer. Kremlin ini memi­liki empat pintu gerbang dan satu pintu rahasia menu­ju Sungai Moskwa. Bagian timurnya berhadapan de­ngan Lapangan Merah.

Dinding Kremlin Moskwa diganti dengan tembok pada akhir tahun 1400-an oleh seorang arsitek Italia. Ketika itu Moskwa dijadikan ibu kota Rusia. Menara dan bangunan-bangunannya diperbesar dan ditata kembali pada sekitar tahun 1600-an. Pada awal tahun 1900-an pemerintah komunis menutup kremlin ini un­tuk umum dan menjadikannya pusat pemerintahan. Beberapa bagiannya dijadikan museum nasional dan kembali dibuka untuk umum pada tahun 1955. Selain di Moskwa, beberapa kremlin lain terdapat di Novgo­rod, Kazan, Pskov, Astrakhan, dan Rostov.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback