PENGERTIAN KREDIT UMUM PEDESAAN

adsense-fallback

PENGERTIAN KREDIT UMUM PEDESAAN – Disingkat Kupedes, fasilitas kredit yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia Unit Desa dengan tujuan mengembangkan usaha-usaha kecil di daerah pedesaan. Usaha kecil yang dimaksud meliputi segala macam usaha yang di­pandang layak secara ekonomis untuk dikembangkan di pedesaan, seperti usaha pertanian, perikanan, per­dagangan, dan kerajinan. Kupedes diperkenalkan se­jak awal tahun 1984 sebagai pengganti sistem perkre­ditan midi dan mini yang dinilai kurang berhasil. Dengan dihentikannya kredit Bimas/Inmas pada ta­hun 1985, Kupedes sekarang merupakan satu-satunya jenis kredit pedesaan yang disalurkan oleh Bank Rak­yat Indonesia.

adsense-fallback

Ketentuan Umum Kupedes yang harus dipenuhi oleh nasabah yang mengharapkan fasilitas Kupedes: (1) nasabah adalah pengusaha desa yang tidak mem­punyai tunggakan kredit pada bank; (2) permohonan kredit harus disertai izin usaha dari instansi berwe­nang atau surat keterangan dari camat/kepala desa se­tempat; (3) kredit dimaksudkan untuk investasi atau eksploitasi (modal kerja); (4) besar kredit Rp 25.000 sampai dengan Rp 3.000.000 tiap nasabah, baik untuk investasi maupun eksploitasi; (5) jangka waktu pe­ngembalian maksimum tiga tahun untuk Kupedes investasi, dan rata-rata satu tahun untuk Kupedes eks­ploitasi; (6) suku bunga untuk investasi 1 persen per tahun dan untuk eksploitasi 1,5 persen per tahun; (7) insentif dibelikan kepada nasabah:yang membayar angsuran tepat pada waktunya, yaitu sering disebut In­sentif Pembayaran Tepat Waktu (IPTW).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback