Advertisement

PENGERTIAN KREDIT INVESTASI KECIL/KREDIT MODAL KERJA PERMANEN – Disingkat KIK/KMKP, diberi­kan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah. KIK, yang tergolong kredit menengah atau panjang, diberikan dengan persyaratan ringan dan prosedur se­derhana guna membiayai barang-barang modal dan jasa yang diperlukan untuk perlengkapan usaha, mo­dernisasi, perluasan usaha, atau pendirian usaha baru. KMKP diberikan untuk pembiayaan modal kerja yang dipergunakan secara terus menerus demi kelancaran usaha.

Ketentuan-ketentuan mengenai pemberian KIK/- KMKP dimuat dalam Surat Edaran Direksi Bank In­donesia No. 215/UKK Tanggal 14 Juni 1988. Keten­tuan-ketentuan tersebut, antara lain, meliputi:

Advertisement

Penerima KIK dan KMKP adalah pengusa­ha/perusahaan golongan ekonomi lemah vang termasuk orang Indonesia asli yang memenuhi persyaratan: (a) mempunyai jumlah harta tidak melebihi 300 juta rupiah, (b) sekurang-kurangnya 50 persen dari modal yang disetor dimiliki oleh orang Indonesia asli;

Bank pemberi KIK dan KMKP adalah: (a) Bank-bank Umum Pemerintah dan Bank Pemba­ngunan Indonesia, (b) Bank-bank Pembangunan Dae­rah dan bank swasta nasional yang tergolong sehat atau cukup sehat, dan yang telah memperoleh perse­tujuan dari Bank Indonesia.

Plafond kredit harus memenuhi ketentuan: (a) plafond kredit untuk KIK dan KMKP digabung sebe­sar 30 juta rupiah untuk setiap nasabah, (b) nasabah KIK dan KMKP yang mempunyai lebih dari satu jenis usaha dimungkinkan memperoleh KIK dan/atau KMKP bagi tiap jenis usahanya, (c) apabila nasabah yang sedang menikmati KIK dan/atau KMKP mem­butuhkan tambahan kredit untuk ekspansi usaha yang mengakibatkan jumlah kreditnya melampaui plafond KIK/KMKP, tambahan tersebut seluruhnya dapat di­mintakan dari Kredit Industri (KI) sampai dengan 75 juta rupiah dan/atau Kredit Modal Kerja (KMK) sam­pai dengan 75 juta rupiah.

Jangka waktu kredit untuk KIK/KMKP ditentu­kan sebagai berikut: (a) jangka waktu KIK maksi­mum 8 tahun termasuk masa tenggang maksimum 4 tahun, (b) jangka waktu KMKP maksimum 5 tahun termasuk masa tenggang maksimum 1 tahun. Suku bunga kredit untuk KIK maupun KMKP 12 persen per tahun, tidak berupa bunga berbunga. Jaminan kredit atau jaminan pokok KIK/KMKP pada dasarnya adalah proyek/usaha yang dibiayai de­ngan kredit.

Incoming search terms:

  • pengertian kik dan kmkp
  • perbedaan KIK dan KMKP
  • kik dan kmkp
  • pengertian kik
  • kredit modal kerja permanen

Advertisement
Filed under : Ekonomi, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kik dan kmkp
  • perbedaan KIK dan KMKP
  • kik dan kmkp
  • pengertian kik
  • kredit modal kerja permanen