Advertisement

PENGERTIAN KREDIT CANDAK KULAK – Disingkat KCK, fasili­tas kredit dari pemerintah yang disediakan khusus un­tuk pedagang kecil di daerah pedesaan, dan disalurkan melalui Koperasi Unit Desa (KUD). Kredit Candak Kulak merupakan program bantuan kredit ringan yang diberikan dengan tujuan: {a) meningkatkan dan memeratakan pendapatan serta kesempatan kerja bagi masyarakat pedesaan dan kota-kota kecamatan mela­lui kegiatan pasar; (b) mengembangkan kegiatan perekonomian golongan ekonomi lemah melalui koperasi; (c) mengembangkan fungsi perkreditan Koperasi Unit Desa.

Sasaran yang dituju melalui pemberian KCK ada­lah: (1) tersedianya modal kerja murah tanpa jaminan, dan dengan prosedur yang mudah dan cepat bagi pe­dagang kecil; (2) lancar dan terjaminnya arus pema­saran dan distribusi kebutuhan sehari-hari untuk dae­rah pedesaan; (3) tumbuhnya disiplin para pedagang kecil dalam pemupukan modal melalui simpanan atau tabungan pada koperasi/KUD.

Advertisement

Kredit ini mulai diperkenalkan pada bulan April 1976 dan dimaksudkan sebagai kredit modal kerja jangka pendek bagi para pedagang tersebut. Dana yang diperlukan untuk KCK diambil dari APBN.

Ketentuan umum KCK: (1) jumlah kredit Rp 2.000 sampai dengan Rp 15.000; (2) kredit berjangka waktu maksimum 3 bulan dengan angsuran kredit angsuran harian, kredit pasaran dengan angsuran maksimum 10 pasaran (10×5 hari), kredit mingguan dengan ang­suran maksimum 10 minggu, kredit bulanan dengan angsuran maksimum 3 bulan, kredit lapanan dengan angsuran maksimum 2 lapan (2 x 35 hari); (3) bunga 12 persen per tahun atau 1 persen per bulan; (4) jamin­an tidak dituntut dan risiko sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

Menurut catatan Bank Indonesia, jumlah KCK yang telah disalurkan sampai dengan bulan Juli 1986 mencapai 130 miliar rupiah.

Advertisement