PENGERTIAN KRAS

adsense-fallback

PENGERTIAN KRAS – Atau karst, daerah batu kapur yang memilih banyak lubang pelimbahan (sinkholes) dan bukit. Istilah karst sebenarnya nama Jerman untuk Kras, sebuah dataran batu kapur luas di sebelah barat Yugo­slavia di tepi Laut Adriatik. Daerah ini memilih banyak gua bawah tanah dan lubang pelimbahan. Di Pulau Jawa, daerah kras ditemukan di perbukitan ka­pur yang memanjang dari sebelah selatan Yogyakarta, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, hingga Malang sebelah selatan.

adsense-fallback

Tempat semacam ini berkembang di daerah yang tanahnya tersusun atas batuan-batuan karbonat yang dapat larut, seperti batu gamping dan dolomit. Ketika pelarutan batuan terjadi pada waktu naiknya air tanah, lubang-lubang dan gua-gua yang sudah ada bertam­bah besar ukuran dan jumlahnya, kemudian berga­bung. atap gua dan terowong yang runtuh membentuk di permukaan cekungan-cekungan besar yang tak ber­aturan. Sewaktu topografi daerah kras berkembang, pola-pola drainase permukaan menjadi tak beraturan. Air permukaan membelok ke bawah tanah dan air hu­jan mengalir ke lubang pelimbahan, ada yang mere­sap ke dalam sebelum mengalir ke luar. Aliran-aliran itu hilang ke dalam lembah-lembah dan muncul di tempat lain sebagai mata air. Sering kali lubang pe­limbahan terisi air dan berubah menjadi danau. Lihat juga Danau.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback