PENGERTIAN KOTILEDON

adsense-fallback

PENGERTIAN KOTILEDON – Dalam botani, daun pertama yang tumbuh dari tumbuhan berbiji atau Angiospermae. Tumbuhan Angiospermae dibagi dalam dua kelas ber­dasarkan jumlah kotiiedonnya, yaitu Monokotiledon bagi jenis yang mempunyai satu kotiledon, dan Dikotiledon bagi jenis yang mempunyai dua kotiledon. Tumbuhan Monokotiledon merupakan tumbuhan re­rumputan tanpa pertumbuhan sekunder kecuali palma dan bambu. Walaupun jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam Monokotiledon hanya sedikit, nilai ekono­minya tinggi karena dalam kelas tersebut j6nis-jenis Ini termasuk tumbuhan per«ting, misalnya padi, gan­dum, tebu, pisang, nanas, dan anggrek.

adsense-fallback

Kotiledon terbentuk dari bagian embrio di dalam biji tumbuhan. Pada beberapa jenis tumbuhan, seperti tanaman kacang-kacangan, fungsi utama kotiledon adalah sebagai organ cadangan makanan untuk per­tumbuhan kecambah, sedangkan pada tumbuhan lain, misalnya rumput-rumputan, fungsinya sebagai daun kecambah yang bersifat sementara namun sudah da­pat berperan dalam proses fotosintesis.

Kotiledon, dalam zoologi adalah suatu bagian ber­antuk lonjong yang menonjol pada permukaan ba­gian dalam kandungan hewan pemamah biak. Pada kotiledon ini jaringan uri (plasenta) akan bertaut, bila hewan bunting Melalui plasenta itulah terjadi pertu­karan dan pengaliran darah antara janin dan induk. Pa­da sapi, jumlah kotiledon sekitar 100 buah, terletak berbaris-baris.Saat ini masih ada perbedaan pendapat mengenai apa yang disebut kotiledon. Berbeda de­ngan pengertian di atas yang diutarakan oleh Nalbandov, Hafez mengemukakan bahwa apa yang dinama­kan kotiledon oleh Nalbandov sebetulnya adalah karunkula. Menurut Hafez, kotiledon adalah bagian dari karunkula tempat plasenta bertaut. Pendapat lain mengatakan bahwa kotiledon disebut juga karunkula.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback