Advertisement

PENGERTIAN KOSMETIKA – Sekumpulan zat kimia atau obat yang digunakan untuk memelihara kecantikan tubuh secara keseluruhan dan juga untuk tujuan estetik. Untuk pe­meliharaan kulit digunakan bedak, krim, minyak, dan berbagai ramuan tradisional, seperti mangir, lulur, dan lain-lain. Shampoo dan minyak rambut yang di­gunakan untuk pemeliharaan rambut juga termasuk kosmetika. Maka kosmetika didefinisikan sebagai zat dan benda yang diterapkan pada badan untuk mem­bersihkan, mempercantik diri, meningkatkan daya ta­rik, atau mengubah penampilan. Kosmetika dapat dioleskan, dipercikkan, disemprotkan, dituang ke dalam air mandi, dan lain-lainnya. Sabun mandi biasa­nya tidak dianggap sebagai kosmetika, melainkan ke­butuhan rumah tangga.

Kebanyakan kosmetika dapat dikelompokkan me­nurut bagian tubuh yang dikenai, yaitu:

Advertisement

(1) kulit (bia­sa dipecah lagi menjadi wajah, tangan, dan kulit lain);

(2) rambut;

(3) kuku;

(4) mulut (bibir, kulit sekitar mulut, gigi, dan nafas). Sementara itu alis, bulu mata, dan kulit di sekitar mata memperoleh perlakuan is­timewa.

Kosmetika yang tidak hanya mengubah penam­pilan, tetapi juga dimaksudkan mengubah fungsi faali, harus dikelompokkan sebagai obat, misalnya obat anti-berkeringat.

Sebaliknya, ada kosmetika yang penggunaannya kadang-kadang dapat menimbulkan bahaya, antara lain menyebabkan reaksi alergi pada kulit apabila ti­dak cocok dengan kulit si pemakai. Demikian pula karena ternyata zat yang bersentuhan dengan kulit dapat diserap ke dalam tubuh sehingga dapat mempe­ngaruhi fungsi faafi tubuh, pengawasan terhadap kos­metika harus sama dengan pengawasan terhadap obat.

Advertisement