Advertisement

PENGERTIAN KORUNDUM – Suatu mineral keras dengan rumus ki­mia A1203; bobot jenis 4,02; kekerasan 9; dan sistem kristal heksagonal. Korundum terdapat sebagai butir- butir tembus cahaya dalam pasir dan sebagai butiran kedap cahaya dalam batuan.

Aneka korundum dipoles dan dijadikan batu mulia, misalnya mirah, safir, zamrud, topaz, dan kecubung. VVarna-warni ini ditimbulkan oleh ketidakmurnian dalam korundum. Misalnya warna merah mirah ditim­bulkan oleh oksida kromium, warna biru safir oleh be­si dan titanium. Kandungan ketidakmurnian ini sangat rendah, sehingga korundum dapat dianggap mineral murni. Mineral inipun sangat keras (hanya kalah ter­hadap intan), sehingga sukar tergores dan karena itu digunakan sebagai batu mulia.

Advertisement

Korundum kedap cahaya, yang kurang menarik bi­la digunakan sebagai batu hias, digunakan sebagai ba­han abrasif untuk mengasah, melicinkan dan memoles benda. Korundum jenis ini juga dibuat dalam jumlah besar. Amril terbuat dari korundum yang tercampur secara alamiah dengan mineral lain. Mirah dan safir juga dibuat orang, baik untuk perhiasan, batu tumpuan (jewel bearings) dalam arloji dan instrumen presisi, maupun dalam alat pembuat sinar laser.

Korundum batu mulia berasal dari India, Madagas­kar, Benua Afrika, dan Rusia. Korundum abrasif ba­nyak ditambang di Turki dan Yunani.

Advertisement