PENGERTIAN KORTIKOSTEROID

adsense-fallback

PENGERTIAN KORTIKOSTEROID – Suatu hormon yang dihasilkan oleh anak ginjal. Sebagai obat, kortikosteroid dapat dibuat secara sintetik dan banyak digunakan. Keguna­an yang utama ialah untuk terapi pengganti pada orang yang kekurangan hormon ini.

adsense-fallback

Obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi berba­gai reaksi alergi, karena kortikosteroid dapat mene­kan reaksi antigen-antibodi serta akibat-akibat yang ditimbulkannya. Namun, penggunaannya tidak dian­jurkan untuk reaksi alergi yang ringan, karena me­ngandung risiko efek samping. Berdasarkan cara ker­janya tersebut, kortikosteroid kadang-kadang dipakai untuk pengobatan yang berat dan penyakit reumatik. Karena kortikosteoid mempengaruhi banyak fungsi tubuh, penggunaan yang tidak hati-hati dapat menimbulkan banyak efek samping yang beberapa di antaranya bersifat serius. Karena itu obat ini harus di­berikan di bawah pengawasan dokter.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback