Advertisement

PENGERTIAN KORPUS LUTEUM – Suatu badan yang terdapat di dalam ovarium (indung telur). Badan ini terbentuk se­telah terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur dari folikel matang (folikel Graaf) yang pecah. Sisa folikel Graaf yang sudah tidak mengandung sel telur itu akan menjadi korpus luteum.

Korpus luteum akan dimasuki kapiler pembuluh darah dan sel frbroblas yang berasal dari lapisan sel di sekitar folikel. Sel-sel tersebut kemudian memper­banyak diri, sedangkan sel-sel granulosa yang terda­pat di dalam folikel mengalami perubahan bentuk, melalui proses yang disebut luteinisasi. Korpus lu­teum merupakan sumber utama hormon steroid, yaitu progesteron, yang^dihasilkan oleh ovarium. Hormon ini dihasilkan pada fase pasca ovulasi dari siklus men­struasi.

Advertisement

Secara normal, korpus luteum berfungsi selama 12 – 16 hari dan puncak produksi progesteron terjadi pa­da hari ke-8 setelah pertengahan siklus. Setelah itu, korpus luteum mengalami kemunduran fungsi dan menjadi badan yang tidak mengandung pembuluh da­rah, sehingga tampak pucat dan disebut korpus aibikans. Namun bila terjadi kehamilan, korpus luteum dipertahankan, dan bahkan menjadi lebih besar serta menghasilkan lebih banyak hormon. Badan ini dise­but korpus luteum kehamilan, yang terbentuk akibat pengaruh hormon HCG {Human Chorionic Gonado­tropin) yang dihasilkan oleh sel-sel embrio bagian luar. Hormon steroid dari korpus luteum ini diperlu­kan untuk mempertahankan kehamilan yang masih muda.

Advertisement