PENGERTIAN KORONIUM

adsense-fallback

PENGERTIAN KORONIUM – Unsur kimia hipotetis yang diduga terdapat dalam matahari. Bukti adanya unsur ini beru­pa garis-garis terang yang terdapat dalam spektrum emisi dari korona matahari. Garis-garis ini tak dapat diterangkan berasal dari unsur apapun yang sampai ta­hun 1930-an dikenal di bumi. Karena garis terang itu berasal dari korona yang berada jauh di atas permuka­an matahari, orang juga menduga bahwa koronium le­bih ringan daripada unsur teringan yaitu hidrogen. Se­rupa pula diduga adanya unsur geokoronium dalam aurora bumi, yang juga diduga lebih ringan daripada hidrogen.

adsense-fallback

Baru dalam tahun 1941, Bengt Edlen, astronom Swedia, membuktikan berdasarkan data eksperimen, bahwa garis-garis tersebut dipancarkan oleh atom besi yang telah kehilangan selusinan elektron. Untuk itu besi itu harus dipanaskan sampai sekitar sejuta dera­jat. Temperatur setinggi itu memang dapat dicapai pa­da korona matahari. Serupa pula geokoronium dibuk­tikan adalah ion nitrogen, yang berasal dari atmosfer bumi.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback