PENGERTIAN KORESPONDEN

adsense-fallback

PENGERTIAN KORESPONDEN – Dalam dunia pers, orang yang se­cara tetap mengirimkan berita atau tulisan lain kepada satu media pers atau beberapa media pers yang terga­bung dalam satu kelompok usaha pers. Untuk pekerjaannya itu ia mendapat gaji tetap atau honora­rium berdasarkan jumlah berita atau tulisan yang di­siarkan media pers yang dibantunya.

adsense-fallback

Media pers besar, yang pada umumnya terbit di ibu kota negara, mampu menempatkan korespondennya di kota-kota di luar tempat terbitnya, bahkan di luar negeri. Beberapa media pers Indonesia yang besar ju­ga mampu berbuat demikian. Umpamanya, harian Kompas di Jakarta dan harian Jawa Pos di Surabaya mempunyai koresponden masing-masing di New York dan Washington, D.C., Amerika Serikat, selain di kota-kota di Indonesia sendiri. Majalah-majalah berita Tempo dan Editor dan kantor berita Antara me­nempatkan lebih banyak lagi koresponden di berbagai negara.

Banyak pula media pers terbitan di luar ibu kota negara yang mempunyai koresponden di ibu kota se­bagai sumber berbagai berita penting. Di Indonesia, misalnya, kini banyak surat kabar daerah yang me­nempatkan koresponden atau membuka perwakilan di Jakarta.

Koresponden Lepas (freelance) tidak bekerja un­tuk satu media pers tertentu. Ia menulis mengenai ma­salah-masalah yang dipilihnya sendiri dan menjual­nya kepada media pers yang diminatinya atau yang menawarkan imbalan honorarium paling tinggi.

Koresponden jenis lain yang disebut stringer ada­lah orang yang Sibayar berdasarkan hasil tulisannya yang dipakai olehTmedia pers yang menugaskannya untuk meliput peristiwa tertentu atau mengulas suatu masalah. Sering kali mereka adalah orang-orang yang memiliki pekerjaan tetap di luar dunia pers tetapi ber­minat untuk sesekali melakukan kegiatan dalam bi­dang jurnalistik.

Koresponden Asing (foreign correspondent) be­kerja untuk media pers yang berkantor-pusat di luar negara tempat ia bertugas. Di tiap-tiap negara yang mempunyai banyak koresponden asing biasanya me­reka bergabung dalam organisasi Foreign Corres­pondents Club (Klub Koresponden Asing).

Klub ini dari waktu ke waktu menyelenggarakan pertemuan dan diskusi dengan para pemimpin peme­rintahan dan swasta setempat untuk memperoleh in­formasi terbaru mengenai perkembangan di negara tersebut. Mereka tidak harus selalu merupakan warta­wan yang berasal dari negara tempat kantor pusat me­dia mereka tetapi dapat direkrut dari negara lain atau wartawan lokal. Wartawan Indonesia, misalnya, tidak sedikit yang bekerja di perwakilan media pers luar ne­geri di Jakarta.

Media pers asing dapat membuka perwakilan di In­donesia atas izin Menteri Penerangan setelah menda­pat rekomendasi dari perwakilan pemerintah Indone­sia di negara tempat media itu berasal. Izin itu diberikan untuk jangka waktu paling lama satu tahun, tetapi dapat diperpanjang. Wartawannya, baik warga negara asing maupun Indonesia, diwajibkan memiliki kartu pers khusus yang dikeluarkan Departemen Pe­nerangan yang masa berlakunya juga paling iama satu tahun dan dapat diperpanjang.

Menurut Surat Keputusan Menteri Penerangan tanggal 11 Maret 1972 tentang Peraturan Pers dan Wartawan Asing di Indonesia, izin media pers asing “setiap waktu dapat dicabut,” jika publikasi atau per­buatan media itu “merugikan atau membahayakan Pe­merintah R.I., masyarakat, negara dan rakyat Indone­sia.”

Ketentuan ini tercantum dalam bab III pasal 7 surat keputusan yang ditandatangani Menteri Penerangan Boediardjo.

Dalam dunia perdagangan, koresponden ialah. orang atau organisasi yang menyelenggarakan hu­bungan dagang secara teratur dengan orang-orang lain, terutama di kota lain atau negara lain.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian koresponden

adsense-fallback