PENGERTIAN KORAWASRAMA

adsense-fallback

PENGERTIAN KORAWASRAMA – Sebuah karya sastra dalam baha­sa Jawa Tengahan yang diduga ditulis pada akhir kerajaan Majapahit. Menurut Purbatjaraka, usia kitab berbentuk prosa ini lebih muda daripada kitab Tantu Panggelaran dari masa akhir kerajaan Majapahit. Isi buku ini adalah cerita Korawa yang bermaksud mem­balas dendam terhadap Pandawa yang telah menga­lahkannya dalam perang Baratayuda. Byasa meng­hidupkan para Korawa yang tewas dan menyuruh mereka bertapa agar memperoleh kekuatan untuk membalas dendam kepada Pandawa. Para dewa me­nyaksikan kekuatan tapa mereka dan menjanjikan akan merendahkan Pandawa. Permohonan Korawa agar para Pandawa dibunuh tidak disetujui para dewa, sebaba tanpa Pandawa dan Korawa tidak ada tata ter­tib hukum di dunia. Namun sebelum pembalasan den­dam terjadi, cerita itu tiba-tiba terputus.

adsense-fallback

Di samping cerita itu, buku ini juga mengandung aneka ragam bahasan, antara lain filsafat. Kitab ini te­lah ditelaah oleb Dr. J.C. Swellengrebel pada tahun 1936.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback