PENGERTIAN KORAN DINDING

adsense-fallback

PENGERTIAN KORAN DINDING – Yang biasanya disingkat koding, merupakan media komunikasi di lingkungan se­kolah menengah dan kampus perguruan tinggi (kata koran berasal dari krant atau courant dalam bahasa Belanda, yang artinya surat kabar). Para pelajar dan mahasiswa kadang-kadang menamakannya majalah dinding, disingkat mading. Media ini lazimnya hanya terdiri atas selembar kertas berukuran 58 x 84 senti­meter dan ditempelkan pada papan atau tripleks, white board, hard board, dan sejenisnya. Adakalanya kertas ini digantung di dinding atau disangga tiang sebagai­mana papan pengumuman dan tidak diperbanyak atau disebarkan.

adsense-fallback

Bagaikan selembar surat kabar, tata letak atau perwajahannya (lay out) menyerupai koran umum dan diberi tata warna agar menarik perhatian pembaca. Tetapi media ini tidak dicetak; karangan dan berita­nya diketik atau ditulis tangan – untuk judul, misal­nya. Foto-foto sebagai ilustrasi juga hanya ditempel­kan di antara tulisan. Isinya antara lain tentang kegiatan sekolah atau kampus, pengumuman, berita di lingkungannya atau berita aktual di masyarakat, tajuk rencana, profil seseorang, sajak, cerita pendek, kartun, lelucon, dan artikel pendapat.

Koding atau mading tidak memerlukan izin terbit dari lembaga pemerintah berupa Surat Izin Terbit (SIT), Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP), atau Surat Tanda Terdaftar (STT) seperti yang berlaku pa­da media komunikasi umum.

Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah atau yang ditunjuk untuk itu. Pengenalan terhadap media intern sekolah dan kampus ini sekarang cukup luas. Ini dapat dilihat, misalnya, pada banyaknya tang- gapar ketika majalah remaja putri Nona, semasa ma­sih terbit dalam kelompok majalah Kartini, mempra­karsai suatu perlombaan membuat koding. Perlom­baan diadakan selama hampir tiga tahun, antara Fe­bruari 1987 dan September 1989, di Bandung, Jakar­ta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Padang dan Banjarmasin.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback