PENGERTIAN KONSUMSI YANG MENYOLOK

65 views

CONSPICIOUS COMSUMPTION / KONSUMSI YANG MENYOLOK adalah KONSUMSI (CONSUMPTION) barang dan jasa yang tidak didasarkan pada kegunaan (UTILITY), tetapi untuk memamerkan barang dan jasa tersebut. Seseorang mungkin membeli sebuah mobil Rolls-Royce bukan saja untuk alat transportasi, tetapi karena barang tersebut menggambarkan sesuatu kepada orang lain tentang pemiliknya. Orang tersebut mengharapkan dianggap sebagai seorang yang kaya raya dan orang yang mempunyai selera. Fenomena ini, dikenal sebagai Veblen efek (VEBLEN EFFECT), dapat dipandang sebagai alternatif teori konsumsi yang di luar kebiasaan, jumlah barang tertentu bervariasi terbalik dengan harganya (KURVA PERMINTAAN (DEMAND CURVE) yang mengarah ke bawah). Konsumsi yang menyolok mempunyai KURVA PERMINTAAN YANG MENGARAH KE ATAS, sehingga jumlah permintaan meningkat bersamaan dengan meningkatnya harga barang tersebut, constant returns [peningkatan hasil yang konstan]
1. (dalam JANGKA PENDEK/ SHORT RUN) peningkatan yang konstan terhadap INPUT FAKTOR VARIABEL ( VARIABLE FACTOR INPUT) yang terjadi ketika tambahan unit dari input variabel ditambahkan pada INPUT FAKTOR TETAP (FIXED FACTOR INPUT) akan mengakibatkan adanya perubahan pada variabel faktor input, peningkatan yang konstan akan mengakibatkan biaya variabel per unit dari output tetap sama untuk sejumlah output tertentu. Lihat RETURNS TO THE VARIABLE FACTOR INPUT.
2. (dalam JANGKA PANJANG / LONG RUN) peningkatan hasil yang konstan yang terjadi apabila peningkatan secara terus menerus semua faktor input menghasilkan peningkatan output yang sama. Dalam istilah biaya hal ini berarti, bahwa biaya per unit dalam jangka panjang tetap konstan selama harga input faktor tetap, sama. Lihat MINIMUM EFFICIENT SCALE, ECONOMICS OF SCALE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *