Advertisement

PENGERTIAN KONJUNGSI –  Dalam astronomi, konfigurasi dua benda langit sedemikian rupa sehingga bagi pengamat di bumi, kedua benda langit itu paling dekat satu sama lain. Bila benda-benda langit ini diprojeksikan pada bidang tata surya, kedua benda langit itu dan bumi berada pada satu garis lurus.

Sehubungan dengan hal ini masih ada beberapa is­tilah lain untuk konfigurasi-konfigurasi istimewa. Untuk itu planet-planet dikelompokkan sebagai pla­net luar (superior) bila garis edarnya lebih besar dari­pada garis edar bumi, dan planet dalam (inferior) bila garis edarnya lebih kecil. Bagi planet luar, ada tiga konfigurasi penting: bumi – matahari – planet berupa garis lurus; matahari – bumi – planet berupa garis lu­rus; matahari – bumi – planet berupa sudut siku. Kon­figurasi ini masing-masing disebut konjungsi, oposisi, dan kuadratur (timur maupun barat).

Advertisement

Bagi planet dailam, juga ada tiga konfigurasi yang penting: matahari – planet – bumi berupa garis lurns; planet – matahari – bumi berupa garis lurus; sudut planet – bumi – matahari mencapai harga maksimum. Konfigurasi ini masing-masing disebut konjungsi in­ferior, konjungsi superior, dan elongasi (timur atau barat).

Advertisement