PENGERTIAN KONGRES

adsense-fallback

PENGERTIAN KONGRES – Dalam organisasi, dapat diartikan seba­gai permusyawaratan cabang-cabang suatu organisa­si, baik organisasi sosial politik (partai politik), kema­syarakatan, maupun keagamaan. Ini berarti cabang mewakili anggota. Oleh sebab itu, kongres dianggap sebagai kekuasaan tertinggi pada suatu partai atau or­ganisasi.

adsense-fallback

Dalam kehidupan organisasi, kongres juga sering diistilahkan sebagai muktamar atau musyawarah na­sional (munas). Kongres pada umumnya dilangsung­kan untuk membahas masalah-masalah penting dalam organisasi itu, baik yang berhubungan dengan pemi­lihan ketua dan pengurus pimpinan pusat, masalah yang berkaitan dengan Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART), atau hal-hal yang perlu dilontarkan sehubungan dengan sikap organisasi itu mengenai perkembangan negara. Lontaran-lontaran pendapat itu dapat berbentuk pernyataan politik atau­pun sikap politik organisasi yang bersangkutan. Suatu hal sangat penting dalam kongres adalah penentuan kebijaksanaan masa yang akan datang bagi kehidupan organisasi tersebut. Karena menyangkut masa depan organisasi tersebut, kongres biasanya dihadiri para anggota pimpinan organisasi dan wakil-wakil dari se­luruh cabangnya.

Ketentuan waktu untuk melangsungkan kongres biasanya tercantum dalam anggaran dasar organisasi yang bersangkutan. Ada yang dua tahun sekali, tiga tahun sekali, atau lima tahun sekali, sesuai dengan ke­sepakatan. Namun, dalam keadaan memaksa atau atas permintaan cabang-cabangnya (berapa jumlahnya biasanya ditentukan dalam AD), suatu partai atau sua­tu organisasi dapat mengadakan kongres istimewa atau kongres luar biasa. Kasus semacam ini dapat di­laksanakan, misalnya, karena ketua partai atau orga­nisasi itu telah menyeleweng dari AD/ART, adanya kekisruhan dalam Dewan Pimpinan Pusat, atau kare­na keadaan ekstern yang memaksa.

Dalam sejarah kebangkitan nasional, dikenal Kongres Pemuda II, yang berlangsung di Jakarta tang­gal 27-28 Oktober 1928. Pada tanggal 28 Oktober, kongres ini berhasil menelurkan suatu ikrar yang ke­lak dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

 

 

PENGERTIAN KONGRES – Parlemen Amerika Serikat berang­gotakan semua anggota Senat dan anggota House of Representatives. Menurut konstitusi Amerika Serikat, Kongres mempunyai kekuasaan, antara lain: (1) me­netapkan dan mengumpulkan pajak, cukai, bea dan pajak penjualan untuk membayar utang dan menyediakannya bagi pertahanan umum dan kesejah­teraan umum negara; tetapi semua pajak, bea dan pa­jak penjualan harus seragam untuk seluruh Amerika Serikat; (2) meminjamkan uang atas bantuan Amerika Serikat; (3) mengatur perdagangan dengan luar negeri dan perdagangan antara beberapa negara bagian de­ngan suku Indian; (4) menetapkan peraturan naturali­sasi yang seragam dan hukum yang seragam untuk masalah kepailitan di seluruh negara Amerika; (5) mencetak uang, mengatur nilai uang asing, dan mene­tapkan standar berat dan ukuran; (6) menyeleng­garakan hukuman untuk pemalsuan jaminan dan uang dari Amerika Serikat; (7) mendirikan kantor pos dan jalur pos; (8) meningkatkan ilmu pengetahuan dan ke- senian yang berguna, dengan mengamankan dalam jangka waktu tertentu bagi penulis dan penemu hak yang eksklusif untuk penulisan dan penemuan mereka masing-masing; (9) menetapkan pengadilan-penga­dilan di bawah Mahkamah Agung; (10) menentukan dan menghukum pembajakan dan tindak pidana berat yang terjadi di tengah laut dan pelanggaran terhadap hukum Amerika Serikat; (11) menyatakan perang, memberikan izin menyita dan membalas, serta mem­buat peraturan penangkapan di darat dan perairan; (12) membangun dan membantu angkatan perang, te­tapi harus melarang pemakaian uang itu lebih dari dua tahun. Di samping itu, masih banyak kekuasaan lain yang dipunyai oleh Kongres, misalnya badan ini juga berhak mempersiapkan keadaan darurat, dan memve­to keputusan pemerintah/presiden.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian kongres luar biasa

adsense-fallback